okebroowebsite keren selalu oke broo Profesional Website Personaly

Tips Sebelum Membuat website Bagi Pemula

Sebelum kita membuat sebuah website ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara baik, tepat dan matang agar website kita nantinya bisa dan mudah di kembangkan lebih lanjut. Dalam membangun sebuah website kita membutuhkan waktu, tenaga, fikiran dan biaya apalagi bagi sobat pemula.

Jadi sangat rugi kan jikalau website yang kita buat nanti terkesan asal jadi yang pada akhirnya orang akan malas datang ke website kita. Kita ibaratkan ketika membangun sebuah rumah jika pondasi tidak baik maka akan berdampak tidak baik terhadap rumah tersebut nantinya.



Buat sobat pemula yang ingin membuat sebuah website, hal-hal berikut bisa menjadi perhatian.

Konsep

Persiapkan benar-benar konsep website anda, apakah hanya sekedar perkenalan anda atau bisnis anda, atau sampai menyangkut dengan transaksi dan sebagainya. Hal ini penting karena akan memudahkan anda pada langkah selanjutnya misalnya desain, atau penentuan besaran hosting yang dibutuhkan.

Konten

Setelah konsep anda matang, segera persiapkan konten-konten pendukung. Tulisan, foto, video dan media lainya harus anda persiapkan di awal. Anggapan orang banyak salah tentang konten ini, orang berpikir website jadi dulu baru konten menyusul.

Konten yang tidak dipersiapkan dengan baik justru sering membuat tampilan atau desain terlihat kurang rapi, tidak bagus dan sebagainya. Akhirnya anda akan kecewa tidak memiliki konten yang kuat. Maka persiapkan konten sebaik-baiknya karena akan sangat mendukung penampilan website anda.

Tentukan Hirarki dan Pembagian Dalam Website

Website yang informatif dan jelas pembagian masing-masing halaman dan kontenya akan sangat disukai pengunjung.



Branding

Website di dunia sudah sangat banyak, banyak pula yang memiliki penampilan dan fitur yang baik namun tidak sedikit yang mengecewakan. Anda harus sering berjalan-jalan di internet untuk melihat website-website yang serupa dengan yang akan anda buat.

Feedback dan masukan dari anda akan membantu mereka membuat website yang sesuai dengan cita rasa anda. Namun jangan abaikan pula masukan dari designer, rekan-rekan atau bahkan konsumen anda. Karena website ibarat pakaian anda, citra dan penampilan anda akan baik jika memiliki website yang baik.

Membuat Sendiri atau Outsource

Membuat sendiri mungkin menjadi pilihan bagi orang-orang yang sudah familiar dengan pembuatan website. Namun jangan memaksakan diri jika anda kurang mengerti di salah satu aspek pembuatan website. Namun anda juga harus selektif memilih partner outsorce anda.

Persiapkan Nama Domain Yang Baik

Website dengan nama yang baik dan mudah diingat akan melekat di hati dan pikiran pengunjung. Untuk hal ini mungkin anda harus berpikir beberapa waktu sebelum menentukan nama yang baik. Nama domain yang baik  saat ini mungkin sudah sedikit sulit dicari karena kata-kata menarik sudah banyak digunakan orang.

Menggunakan nama anda atau nama perusahaan mungkin akan lebih praktis dan mengena. Tentukan baik-baik juga apakah anda akan menggunakan nama domain internasional seperti .COM .NET .ORG atau menggunakan domain indonesia seperti .CO.ID .WEB.ID .OR.ID .

Persiapkan Hosting

Setelah website jadi dan nama dipilih selanjutnya anda butuh sebuah hosting tempat anda meletakkan file-file blog anda. Pilihlah hosting dari penyedia jasa yang terpercaya. Sesuaikan mengenai besaran hosting sesuai dengan kebutuhan anda. Lokasi server juga dapat sesuai dengan target pengunjung website anda.

SEO dan Marketing

Tahap terakhir adalah memperkenalkan website anda pada dunia. Anda dapat mempelajari teknik SEO yang membuat website anda dikenal baik oleh search enggine sehingga pengunjung website anda akan meningkat.



Demikianlah hal-hal yang harus jadi perhatian bagi pemula yang akan membuat sebuah website. Semoga artikel ini bermanfaat.

DMCA.com Protection Status

Ada saran dan komentar ???

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.